RSUD Muntilan Menyelenggarakan Rapat Dewan Pengawas


Created At : 2022-07-12 00:00:00 Oleh : RSUD Muntilan Artikel / Berita Dibaca : 1844

RSUD Muntilan menyelenggarakan Rapat Dewas (Dewas) yang memaparkan Evaluasi Kinerja Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Tahun 2021 dan 2022 (sampai dengan Juni 2022) Serta Rencana Kegiatan Tahun 2023. Rapat dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 12 Juli 2022 bertempat di Ruang Aula Borobudur RSUD Muntilan pada pukul 13.00 WIB sampai dengan 16.00 WIB. Adapun susunan acara rapat tersebut meliputi :

1.      Pembukaan.

2.      Sambutan dan pemaparan materi dari Direktur RSUD Muntilan.

3.      Sambutan dan pengarahan dari Dewas Rumah Sakit.

4.      Diskusi.

5.      Penutupan.

Kegiatan ini dihadiri oleh 20 orang peserta, diantaranya 3 orang Dewas yang terdiri dari 1 orang ketua, Nanda Cahyadi Pribadi, AP., M.Si. (Asisten Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Magelang), 1 orang anggota, Bela Pinarsi, S.H, M.M (Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang), dan 1 orang sekretaris yaitu yaitu Ratna Ernawati, SE (Kepala Bagian Tata Usaha), serta 17  orang peserta perwakilan dari pejabat struktural, , Satuan Pemeriksaaan Internal (SPI),  Komite Medik, Komite Keperawatan, Komite Nakes lainnya, Komite Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI), Komite Mutu, dan Instalasi Humas dan Pemasaran di RSUD Muntilan dengan 1 orang anggota Dewas yang berhalangan hadir yaitu Dra. Siti Zumaroh, MM (Kepala BPPKAD Kabupaten Magelang).

Secara garis besar dalam rapat Dewas ini Direktur RSUD Muntilan, dr. M. Syukri, MPH menyampaikan beberapa hal terkait :

1.    Profil RSUD Muntilan :

a.      Visi dan Misi

b.      Nilai - Nilai, Motto, Budaya Kerja Pelayanan

c.       Kelas, Kepemilikan, dan Lokasi

d.      Struktur Organisasi

e.      Ketersediaan SDM

f.       Jenis, Fasilitas Pelayanan, dan Layanan Unggulan

f.       Prestasi

2.   Kinerja Keuangan :

a.      Pendapatan RSUD Muntilan Tahun 2017 – 2022 (s/d Juni 2022)

b.      Realisasi Pendapatan Tahun 2022 (s/d Juni 2022)

c.      Realisasi Anggaran Tahun 2021

d.      Realisasi Anggaran Tahun 2022 (s/d Juni 2022)

3.   Kinerja Layanan :

a.      Kinerja Pelayanan - Kunjungan Rawat Jalan

b.      Kinerja Pelayanan - Kunjungan Rawat Inap

c.      Kinerja Pelayanan - BOR Rawat Inap 2017 - Mei 2022

d.      Kasus Covid - 19 Tahun 2021

e.      Kasus Covid - 19 Tahun 2022

f.       Renovasi Rawat Jalan

f.       Renovasi IPAL

j.       Alat Kesehatan

k.      Ambulance

l.       Kegiatan yang Sedang Dilaksanakan Tahun 2022

4.   Capaian Indikator Renstra - Mutu Tahun 2019 - 2024

5.   Kegiatan / Program Unggulan

6.   Permasalahan dan Solusi

 

Acara dilanjutkan dengan penyampaian sambutan dan pengarahan dari Dewas. Dalam pembinaannya, Nanda Cahyadi Pribadi, AP., M.Si. menyampaikan beberapa poin yaitu :

 

1.      Area Kinerja Pelayanan :

a. Dewas mengapresiasi terhadap upaya – upaya perubahan yang telah dilakukan oleh RSUD Muntilan.

b. Perubahan perilaku pegawai dalam melayani masyarakat memang sangat diperlukan untuk menghadapi kondisi dunia dalam ketidakpastian setelah adanya Covid-19 sehingga memberikan pelayanan harus selalu berpandangan positif.

c. Perubahan – perubahan yang telah dilakukan RSUD Muntilan diharapkan tetap dipelihara agar kinerja pelayanan RSUD Muntilan dapat dirasakan oleh masyarakat Kabupaten Magelang.

d. RSUD Muntilan jangan berpuas diri terhadap perubahan – perubahan yang telah dilakukan, diharapkan untuk ke depan terus meningkatkan lagi perubahan yang telah dilakukan.

2.      Area Kinerja Keuangan :

Setelah RSUD Muntilan menjadi Unit Organisasi Bersifat Khusu (UOBK) maka diharapkan RSUD Muntilan menjadi unit organisasi yang unik yang tidak lagi menjadi berorientasi untuk mengejar pendapatan dan berharap masyarakat sakit tetapi harus merubah pola di rumah sakit sehingga masyarakat ke rumah sakit untuk mengupayakan kesehatannya.

Hal tersebut menjadi tantangan bersama tentunya dengan upaya peningkatan sarana dan prasarana diimbangi efisiensi di segala bidang dengan memanfaatkan produk dari dalam negeri.

3.      Area Kinerja Manfaat :

a. Kinerja manfaat diukur dari sejauh mana masyarakat dapat mengakses pelayanan yang diberikan oleh rumah sakit  secara mudah dengan diimbangi dengan proses upgrade / update layanan sehingga seluruh unsur dari direksi sampai karyawan bisa memberikan manfaat yang bisa diakses oleh masyarakat.

b. Terobosan perlu dilakukan berkolaborasi dengan desa dan kecamatan agar masyarakat dapat mengetahui layanan yang ada di RSUD Muntilan.

c. Respon masyarakat atas layanan sudah bagus tetapi perlu ditingkatkan dengan terus melakukan pengawasan dan inovasi.

d. Seluruh kegiatan perlu diaudit sehingga pola pikir penggunaan anggaran dan pelaksanakan kinerja dilakukan dengan baik.

 

Selanjutnya, Bela Pinarsi, S.H, M.M menyampaikan :

1.      Dalam memberikan pelayanannya RSUD Muntilan harus sejalan dengan visi dan misi Bupati Magelang.

2.      Regulasi yang belum selesai dapat segera ditindaklanjuti.

3.  Pelayanan kesehatan terhadap masyarakat untuk dijakdikan perencanaan termasuk yang berkaitan dengan BPJS Kesehatan.

4.      Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang terbuka untuk berdiskusi demi meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

5.      Kekosongan jabatan jangan dibiarkan belama - lama dengan langsung berkoordinasi dengan instansi terkait.

Dalam menanggapi bimbingan yang disampaikan oleh Dewas, Direktur RSUD Muntilan menanggapinya dengan respon positif dan beliau menyampaikan bahwa RSUD Muntilan dengan senantiasa akan terus meningkatkan mutu pelayanan rumah sakit melalui pengembangan / inovasi termasuk penggunaan sarana dan prasaranan teknologi informasi. Pihak Dewas juga menyampaikan bahwa selalu siap dalam hal mendukung setiap kegiatan ataupun usulan yang dilakukan oleh RSUD Muntilan demi menumbuhkan citra positif kepada masyarakat.

Diharapkan dengan diadakannya kegiatan ini, RSUD Muntilan dapat selalu mengevaluasi diri untuk terus terpacu dalam meningkatkan kreativitas, komitmen, dan inovasi pelayanan sehingga meningkatkan tingkat pelayanan RSUD Muntilan yang diberikan kepada masyarakat Kabupaten Magelang.

 









GALERI FOTO

Agenda

Rakor Peningkatan Kinerja Pelayanan Publik
Senin, 29 April 2024