RSUD Muntilan menyelenggarakan Rapat Dewas
(Dewas) yang memaparkan Evaluasi Kinerja Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Tahun
2021 dan 2022 (sampai dengan Juni 2022) Serta Rencana Kegiatan Tahun 2023.
Rapat dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 12 Juli 2022 bertempat di Ruang Aula
Borobudur RSUD Muntilan pada pukul 13.00 WIB sampai dengan 16.00 WIB. Adapun
susunan acara rapat tersebut meliputi :
1. Pembukaan.
2. Sambutan dan pemaparan materi dari Direktur RSUD
Muntilan.
3. Sambutan dan pengarahan dari Dewas Rumah Sakit.
4. Diskusi.
5. Penutupan.
Kegiatan ini dihadiri oleh 20 orang
peserta, diantaranya 3 orang Dewas yang terdiri dari 1 orang ketua, Nanda
Cahyadi Pribadi, AP., M.Si. (Asisten Pemerintahan dan Kesra Kabupaten
Magelang), 1 orang anggota, Bela Pinarsi, S.H, M.M (Plt. Kepala Dinas Kesehatan
Kabupaten Magelang), dan 1 orang sekretaris yaitu yaitu Ratna Ernawati, SE
(Kepala Bagian Tata Usaha), serta 17 orang peserta perwakilan dari
pejabat struktural, , Satuan Pemeriksaaan Internal (SPI), Komite Medik, Komite Keperawatan, Komite Nakes
lainnya, Komite Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI), Komite Mutu, dan
Instalasi Humas dan Pemasaran di RSUD Muntilan dengan 1 orang anggota Dewas
yang berhalangan hadir yaitu Dra. Siti Zumaroh, MM (Kepala BPPKAD
Kabupaten Magelang).
Secara garis besar dalam rapat Dewas
ini Direktur RSUD Muntilan, dr. M. Syukri, MPH menyampaikan beberapa hal
terkait :
1. Profil RSUD Muntilan :
a. Visi dan Misi
b. Nilai - Nilai,
Motto, Budaya Kerja Pelayanan
c. Kelas,
Kepemilikan, dan Lokasi
d. Struktur
Organisasi
e. Ketersediaan
SDM
f. Jenis,
Fasilitas Pelayanan, dan Layanan Unggulan
f. Prestasi
2. Kinerja Keuangan :
a. Pendapatan
RSUD Muntilan Tahun 2017 – 2022 (s/d Juni 2022)
b. Realisasi
Pendapatan Tahun 2022 (s/d Juni 2022)
c. Realisasi
Anggaran Tahun 2021
d. Realisasi
Anggaran Tahun 2022 (s/d Juni 2022)
3. Kinerja Layanan :
a. Kinerja
Pelayanan - Kunjungan Rawat Jalan
b. Kinerja
Pelayanan - Kunjungan Rawat Inap
c. Kinerja
Pelayanan - BOR Rawat Inap 2017 - Mei 2022
d. Kasus Covid -
19 Tahun 2021
e. Kasus Covid -
19 Tahun 2022
f. Renovasi Rawat
Jalan
f. Renovasi
IPAL
j. Alat Kesehatan
k. Ambulance
l. Kegiatan yang Sedang Dilaksanakan Tahun
2022
4. Capaian Indikator Renstra -
Mutu Tahun 2019 - 2024
5. Kegiatan / Program Unggulan
6. Permasalahan dan Solusi
Acara dilanjutkan dengan penyampaian
sambutan dan pengarahan dari Dewas. Dalam pembinaannya, Nanda Cahyadi Pribadi,
AP., M.Si. menyampaikan beberapa poin yaitu :
1.
Area
Kinerja Pelayanan :
a. Dewas
mengapresiasi terhadap upaya – upaya perubahan yang telah dilakukan oleh RSUD
Muntilan.
b. Perubahan
perilaku pegawai dalam melayani masyarakat memang sangat diperlukan untuk
menghadapi kondisi dunia dalam ketidakpastian setelah adanya Covid-19 sehingga
memberikan pelayanan harus selalu berpandangan positif.
c. Perubahan
– perubahan yang telah dilakukan RSUD Muntilan diharapkan tetap dipelihara agar
kinerja pelayanan RSUD Muntilan dapat dirasakan oleh masyarakat Kabupaten
Magelang.
d. RSUD
Muntilan jangan berpuas diri terhadap perubahan – perubahan yang telah
dilakukan, diharapkan untuk ke depan terus meningkatkan lagi perubahan yang
telah dilakukan.
2.
Area
Kinerja Keuangan :
Setelah
RSUD Muntilan menjadi Unit Organisasi Bersifat Khusu (UOBK) maka diharapkan
RSUD Muntilan menjadi unit organisasi yang unik yang tidak lagi menjadi berorientasi
untuk mengejar pendapatan dan berharap masyarakat sakit tetapi harus merubah
pola di rumah sakit sehingga masyarakat ke rumah sakit untuk mengupayakan
kesehatannya.
Hal
tersebut menjadi tantangan bersama tentunya dengan upaya peningkatan sarana dan
prasarana diimbangi efisiensi di segala bidang dengan memanfaatkan produk dari
dalam negeri.
3.
Area
Kinerja Manfaat :
a. Kinerja
manfaat diukur dari sejauh mana masyarakat dapat mengakses pelayanan yang diberikan
oleh rumah sakit secara mudah dengan diimbangi
dengan proses upgrade / update layanan sehingga seluruh unsur dari direksi
sampai karyawan bisa memberikan manfaat yang bisa diakses oleh masyarakat.
b. Terobosan
perlu dilakukan berkolaborasi dengan desa dan kecamatan agar masyarakat dapat
mengetahui layanan yang ada di RSUD Muntilan.
c. Respon
masyarakat atas layanan sudah bagus tetapi perlu ditingkatkan dengan terus
melakukan pengawasan dan inovasi.
d. Seluruh
kegiatan perlu diaudit sehingga pola pikir penggunaan anggaran dan pelaksanakan
kinerja dilakukan dengan baik.
Selanjutnya, Bela Pinarsi, S.H, M.M menyampaikan
:
1.
Dalam
memberikan pelayanannya RSUD Muntilan harus sejalan dengan visi dan misi Bupati
Magelang.
2.
Regulasi
yang belum selesai dapat segera ditindaklanjuti.
3. Pelayanan
kesehatan terhadap masyarakat untuk dijakdikan perencanaan termasuk yang
berkaitan dengan BPJS Kesehatan.
4.
Dinas
Kesehatan Kabupaten Magelang terbuka untuk berdiskusi demi meningkatkan
pelayanan kepada masyarakat.
5.
Kekosongan
jabatan jangan dibiarkan belama - lama dengan langsung berkoordinasi dengan
instansi terkait.
Dalam menanggapi bimbingan yang
disampaikan oleh Dewas, Direktur RSUD Muntilan menanggapinya dengan respon
positif dan beliau menyampaikan bahwa RSUD Muntilan dengan senantiasa akan
terus meningkatkan mutu pelayanan rumah sakit melalui pengembangan / inovasi
termasuk penggunaan sarana dan prasaranan teknologi informasi. Pihak Dewas juga
menyampaikan bahwa selalu siap dalam hal mendukung setiap kegiatan ataupun
usulan yang dilakukan oleh RSUD Muntilan demi menumbuhkan citra positif kepada
masyarakat.
Diharapkan dengan diadakannya kegiatan
ini, RSUD Muntilan dapat selalu mengevaluasi diri untuk terus terpacu dalam
meningkatkan kreativitas, komitmen, dan inovasi pelayanan sehingga meningkatkan
tingkat pelayanan RSUD Muntilan yang diberikan kepada masyarakat Kabupaten
Magelang.
Created At : 2022-07-12 00:00:00 Oleh : RSUD Muntilan Artikel / Berita Dibaca : 1844