RSUD Muntilan Mendapatkan Penghargaan dari Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Magelang


Created At : 2022-01-12 00:00:00 Oleh : RSUD Muntilan Artikel / Berita Dibaca : 105

RSUD Muntilan Kabupaten Magelang mendapatkan penghargaan dari Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Magelang karena RSUD Muntilan telah memesan batik sejumlah 560 potong untuk seragam karyawan kepada Paguyuban Batik “Sawut Sewu” Kabupaten Magelang. Acara penyerahan penghargaan dilaksanakan pada tanggal 11 Januari 2021 pukul 13.00 WIB – 14.30 WIB bertempat di Pendopo Rumah Dinas Bupati Magelang, Ngentan II, Sawitan, Mungkid, Kabupaten Magelang. Peserta dalam kegiatan ini terdiri dari Ketua dan Wakil Ketua Dekranasda Kabupaten Magelang, Para Kepala Satuan Kerja Perangkat daerah (SKPD) di lingkungan Kabupaten Magelang, Ketua Paguyuban Batik Sawud Sewu Kabupaten Magelang, dan manajemen beserta perwakilan dari karyawan / karyawati RSUD Muntilan Kabupaten Magelang yang mengenakan seragam batik kerajinan Sawut Sewu sejumlah 18 orang dipimpin oleh Kepala Bagian Tata Usaha RSUD Muntilan, Aslichah, SH., MM. Adapun susunan acaranya meliputi :

  1. Pembukaan
  2. Pembacaan doa
  3. Sambutan dari Ketua Paguyuban Batik Sawut Sewu
  4. Sambutan dari Direktur RSUD Muntilan
  5. Sambutan dari Ketua Dekranasda Kabupaten Magelang
  6. Penyerahan Piagam Penghargaan
  7. Ramah tamah
  8. Penutup

Dalam sambutannya, Ketua Paguyuban Batik Sawut Sewu Kabupaten Magelang, Hayati Siswiningrum, menyampaikan rasa terima kasih kepada RSUD Muntilan yang telah memesan batik sebanyak 560 potong kepada Paguyuban Batik Sawut Sewu dan diharapkan hal tersebut dapat segera diikuti instansi lain yang ada di lingkungan Pemerintah Kabupaten Magelang. Disampaikan pula bahwa apa yang dilakukan oleh RSUD Muntilan telah memotivasi pengrajin batik di Kabupaten Magelang bangkit setelah terpuruk akibat pandemi Covid - 19.

Dalam sambutan Direktur RSUD Muntilan yang diwakili oleh Aslichah, SH., MM. menyampaikan bahwa pembuatan batik tersebut berawal dari sayembara desain batik yang diikuti oleh para karyawan dan karyawati RSUD Muntilan pada bulan September 2021 dan pengumuman hasil pemenang dilaksanakan pada bulan Oktober 2021. Kemudian pada bulan November 2021 desain batik tersabut dikirim ke Paguyuban Sawut Sewu untuk dilakukan penyempurnaan desain, dibatik, dan dilakukan proses pewarnaan.

Piagam penghargaan diserahkan langsung oleh Ketua Dekranasda Kabupaten Magelang , Christanti Zaenal Arifin kepada RSUD Muntilan yang diwakili oleh Aslichah SH., MM. Ketua Dekranasda sangat mengapresiasi jajaran Direksi RSUD Muntilan, yang telah memakai produk dari para pengrajin batik Kabupaten Magelang sebagai seragam para karyawan. Diharapkan untuk ke depan hal tersebut akan diikuti oleh Satuan Kerja Perangkat Daerah Kabupaten Magelang lainnya. Disampaikan juga apa yang dilakukan RSUD Muntilan itu akan memotivasi para pengrajin dan pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) agar bangkit setelah terpuruk akibat pandemi Covid-19. Dimana untuk bangkit, dibutuhkan kerja sama dari seluruh seluruh pihak. Salah satunya dengan memakai produk - produk UMKM lokal. Sementara itu pesan untuk paguyuban batik, diminta untuk menjaga kualitas, kuntitas, standarisasi produk, ketepatan waktu sesuai pesanan, dan teknik canting agar produk kerajinannya dapat menarik minat pembeli.











GALERI FOTO

Agenda

Simulasi RME, Kesepakatan dengan DPJP
Selasa, 21 Desember 2021