Tingkatkan Kompetensi, RSUD Muntilan Laksanakan In House Training Program Pengendalian Resistensi Antimikroba


Created At : 2020-10-22 00:00:00 Oleh : RSUD Muntilan Akreditasi RSUD Muntilan Dibaca : 235

Resistensi mikroba terhadap antimikroba telah menjadi masalah kesehatan yang mendunia, dengan berbagai dampak merugikan sehingga  dapat menurunkan mutu pelayanan kesehatan. Permasalahan yang biasa timbul diantaranya yaitu dalam penggunaan antimikroba khususnya antibiotik yang tidak bijak, tidak terkendali, dan pencegahan infeksi yang kurang optimal, sehingga menyebabkan rumah sakit mengalami peningkatan insiden Healthcare Associated Infections/ HAI’s (infeksi yang didapatkan oleh pasien selama di RS). Permasalahan tersebut menyadari pentingnya implementasi terhadap Program Pengendalian Resistensi Antimikroba (PPRA) di Rumah Sakit dan PPRA tersebut sudah menjadi program nasional di Indonesia. Dalam Program PPRA, diperlukan kesiapan Tim PPRA beserta tenaga kesehatan lainnya dalam pengumpulan data penggunaan antibiotik maupun sebagai tim audit penggunaan antibiotik.

Sebagai upaya peningkatan kompetensi tenaga kesehatan di RSUD Muntilan maka pada hari Sabtu tanggal 17 Oktober 2020 mulai pukul 07.30-11.30 WIB diselenggarakan In House Training Program PPRA yang diikuti oleh Dokter Umum, Dokter Spesialis, Perawat, Bidan, Apoteker, dan Tim PPRA yang berjumlah 60 orang. Dikarenakan adanya pembatasan sosial, maka kegiatan ini dibagi menjadi 2 ruangan terpisah yaitu di Aula RSUD Muntilan (tatap muka dengan narasumber) dan Ruangan Komite Medik (Zoom Meeting yang terhubung langsung dengan narasumber).

Pada kegiatan tersebut, Ketua panitia In House Training PPRA dr. Susi Ifati, Sp. N menyampaikan, bahwa maksud diselenggarakannya pelatihan PPRA adalah agar peserta memahami kebijakan nasional pengendalian resistensi antimikroba di rumah sakit serta dapat melaksanakan PPRA dalam standar nasional akreditasi rumah sakit. Beliau juga menyampaikan bahwa tujuan diselenggarakannya In House Training PPRA ini difokuskan agar peserta dapat menjalankan Program PPRA di rumah sakit mulai dari tahap audit kuantitatif antibiotik sampai dengan tahap kualitatif antibiotik sehingga peserta dapat mengimplementasikan penggunaan antibiotik di rumah sakit secara bijak.

Penyelenggaraan In House Training PPRA ini menghadirkan narasumber yang berkompeten pada bidangnya, yang diisi oleh dr. Ridha Wahyutomo, Sp. MK dengan menyampaikan 3 materi yaitu Program Pengendalian Resistensi Antimikroba, Penggunaan Antibiotika Secara Bijak dan Pelatihan Audit Kualitatif Geyssens.  

Pada dasarnya kegiatan In House Training ini adalah untuk menanggulangi permasalahan terkait resistensi antimikroba  yang harus di implementasikan secara terpadu dan berkesinambungan agar pelayanan di RSUD Muntilan menjadi lebih baik lagi. Adapun harapan dari In House Training ini adalah agar RSUD Muntilan dapat terus Meningkatkan Mutu dan Kualitas Pelayanan di RSUD Muntilan sehingga dapat memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat.











GALERI FOTO

Agenda

Rapat Evaluasi Penanganan SDM RS yang Terdampak Covid-19
Sabtu, 26 Juni 2021