RSUD Muntilan Meresmikan Dua Unit Mobil Ambulance Transport dan Gawat Darurat dalam Rangka Meningkatkan Mutu Pelayanan dan Mendukung Destinasi Pariwisata Prioritas Borobudur


Created At : 2021-12-13 00:00:00 Oleh : RSUD Muntilan Artikel / Berita Dibaca : 526

Dalam bentuk komitmen RSUD Muntilan di dalam memenuhi mutu pelayanan dan standar rumah sakit sesuai sebagai Rumah Sakit Pendukung Destinasi Pariwisata Borobudur, RSUD Muntilan meresmikan mobil ambulance transport dan ambulance gawat darurat pada tanggal 11 Desember 2021 sebagai bentuk pengembangan sarana dan prasarana pendukung pelayanan rumah sakit. Kegiatan dimulai pukul 07.30 bertempat di Halaman Parkir Belakang RSUD Muntilan. Acara ini dihadiri oleh Direktur, seluruh Pejabat Struktural, Kepala Instalasi, perwakilan dari Komite Medik, perwakilan dari bangsal perawatan, dan driver. Berikut adalah susunan acaranya :

  1. Pembukaan.
  2. Laporan dari Kepala Bagian Tata Usaha.
  3. Sambutan Direktur RSUD.
  4. Peresmian mobil ambulance.
  5. Pembacaan doa.
  6. Penutup.

Dalam laporan Kepala Bagian Tata Usaha, Aslichah, SH., MM menyampaikan bahwa dua unit mobil ambulance tersebut pendanaannya bersumber dari Dana Alokasi Khusus Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (DAK APBD) Tahun Anggaran 2021 yang prosesnya melalui lelang umum oleh Tim Program Kerja (Pokja) Pemilihan Kabupaten Magelang.  Ambulance yang nantinya akan digunakan untuk operasional pelayanan kesehatan di lingkungan RSUD Muntilan tersebut terdiri dari :

  1. Satu Unit Mobil Ambulance Transport Merk / Type Toyota HI ACE
  2. Satu Unit Mobil Ambulance Gawat Darurat ( Gadar ) Merk / Type Toyota HI ACE , untuk sarana kunjungan tamu kenegaraan dan even - even Pariwisata  dalam rangka mendukung RSUD Muntilan sebagai Rumah Sakit pendukung destinasi Pariwisata Candi Borobudur, nantinyan akan dilengkapi dengan mini ICU.

Dr. M. Syukri, MPH, dalam sambutannya menyampaikan bahwa RSUD Muntilan sebagai rumah sakit pemerintah kelas C di Kabupaten Magelang, memiliki frekuensi yang cukup tinggi dalam merujuk pasien ke Rumah Sakit Rujukan di tingkat atasnya. Selain itu, sebagai rumah sakit terdekat dengan wisata Candi Borobudur, RSUD Muntilan seringkali ditunjuk sebagai tim kesehatan terkait dengan kunjungan dan tamu kenegaraan. Maka dari itu dengan kegiatan pengadaan dua unit mobil ambulance ini, dirasa mampu untuk menjawab kebutuhan tersebut.

Peresmian secara simbolis dilakukan dengan prosesi pemotongan pita pada mobil ambulance oleh dr. M. Syukri, MPH dan dr. Syamsul Arief Zahra, Sp.PD. dan diakhiri dengan kegiatan pembacaan doa oleh Latif Amirudin, S. ST.

Selanjutnya dilakukan pengujian kendaraan yang dilakukan oleh tim driver RSUD Muntilan dengan rute menuju Candi Borobudur dan kembali lagi menuju RSUD Muntilan. Hal ini dimaksudkan sebagai pengujian terhadap setiap komponen yang ada di dalam mobil ambulance setelah diresmikan tanpa terkecuali teknologi Global Positioning System (GPS).


GALERI FOTO

Agenda

Pelantikan Pengurus Persi Jawa Tengah
Sabtu, 29 Januari 2022