Pelatihan Manajemen Pelayanan Pasien (MPP)/Case Manager Di RSUD Muntilan Kabupaten Magelang


Created At : 2017-03-11 08:42:50 Oleh : -Administrator Kesehatan RSUD Muntilan Artikel / Berita Dibaca : 11646
Sebagai lanjutan dari proses Akreditasi Rumah Sakit, pada hari Sabtu, tanggal 11 Maret 2017 mulai pukul 08.00 WIB bertempat di Aula RSUD Muntilan telah dilakukan Pelatihan Manajemen Pelayanan Pasien (Case Manager) yang bekerja sama dengan Tim MPP dari RSUD Ambarawa.

Kegiatan ini diikuti oleh 60 peserta, terdiri dari dokter, perawat/bidan, petugas gizi, petugas farmasi, petugas rehab medik dan Tim Case Manager RSUD muntilan. Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan tambahan pengetahuan dan wawasan tentang managemen pelayanan pasien dan memberikan gambaran tentang pelaksanaan MPP di RSUD Ambarawa.

Narasumber pelatihan ini terdiri dari :
1. Kepala Bidang Pelayanan Keperawatan RSUD Ambarawa (Gozi, SKM)
2. Kepala Seksi Pelayanan Keperawatan RSUD Ambarawa (Bambang Pujiarto, S.kep.Ns, MM)
3. Tim Case Manager RSUD Ambarawa (Nur Wulandari, S.ST, Keb; Asnawi, S.Kep; Tri Wahyuningsih, S.Kep)

Acara pelatihan dibuka dengan sambutan dari Direktur RSUD Muntilan, dr. Syukri, MPH yang menyampaikan agar peserta pelatihan dapat mengambil manfaat dari pelatihan ini. MPP adalah suatu proses kolaboratif untuk assesmen, perencanaan, fasilitasi, koordinasi pelayanan, evaluasi dan advokasi untuk opsi dan pelayanan bagi pemenuhan kebutuhan komprehensif pasien dan keluarganya, melalui komunikasi dan sumber daya yang tersedia sehingga memberi hasil asuhan pasien yg bermutu dengan biaya efektif.

Bagi RS adanya MPP dalam manajemen pelayanan pasien dengan konsep pelayanan kolaboratif yang berfokus pada pasien  akan memberikan keuntungan biaya pelayanan efektif, orientasi pelayanan yang holistik, kontinuitas pelayanan diseluruh tatatan pelayanan kesehatan, klien mengetahui siapa yang harus dihubungi untuk bantuan.

Sebagai akhir dari pelatihan, narasumber menganjurkan:
1.    Ada MPP  yang POFESSIONAL-PURNA WAKTU dan MANDIRI  dalam penerapan PATIENT CENTERED CARE – PATIENT SAFETY .
2.    MPP adalah MANAGER EXPERT pada area tugasnya yg perlu didukung oleh seluruh jajaran management RS
3.    MPP mampu melakukan pemberdayaan pasien serta keluarga dan support system agar didapat outcome  yang optimal.


































GALERI FOTO

Agenda

Munas 1x ARSADA dan Seminar Nasional
Jumat, 25 Agustus 2023