PELATIHAN KOMUNIKASI EFEKTIF DI RSUD MUNTILAN KABUPATEN MAGELANG


Created At : 2016-11-02 08:55:50 Oleh : -Administrator Kesehatan RSUD Muntilan Akreditasi RSUD Muntilan Dibaca : 1457

Dalam rangka persiapan akreditasi rumah sakit, RSUD Muntilan Kabupaten Magelang menyelenggarakan Pelatihan  Komunikasi Efektif pada Tanggal 1-2 Nopember 2016 pukul 08.00 WIB bertempat di Aula RSUD Muntilan Kabupaten Magelang. Kegiatan Pelatihan ini dihadiri oleh 60 orang peserta yang terdiri dokter,  perawat/ bidan, Petugas gizi, Petugas farmasi, Petugas Rehabilitasi medik, Tim PPI RS, Analis kesehatan, Radiografer, Tim PKRS, serta Tim Admisi Rawat Jalan dan Rawat Inap.

Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk memberikan tambahan pengetahuan dan wawasan kepada semua peserta pelatihan mengenai hal yang berkaitan dengan komunikasi efektif dan memberikan tambahan ketrampilan tentang berkomunikasi secara efektif.

Dalam pelatihan ini menghadirkan narasumber dari RSUP dr. Sardjito Yogyakarta, yaitu :

1.    Sri Rahayu, S.Kep, Ners (Kepala Unit Promkes)

2.    Rini Ismiyati, S.Kep, Ners ( Penanggung Jawab Promkes Luar Gedung)

Dengan Tema Pelatihan :

“Peran penting Komunikasi efektif dalam meningkatkan performa kerja petugas dan pemberian asuhan kepada pasien dan keluarga di rumah sakit.”

Adapula sambutan yang diberikan oleh Direktur RSUD Muntilan yaitu dr. M. Syukri, MPH yang menyampaikan bahwasannya pelatihan ini adalah pelatihan yang diselenggarakan sebagai upaya untuk memenuhi standar akreditasi. Pada pelatihan ini materi yang diberikan lebih luas dari sekedar komunikasi efektif, karena pelatihan kali ini akan dipaparkan materi terkait 3 hal yaitu komunikasi, informasi dan edukasi efektif, sehingga standar yang akan dipenuhi tidak hanya satu standar tetapi beberapa standar. Selain itu beliau juga mengatakan bahwa terkait pelayanan RS hampir semua pelayanan tidak terlepas dari Komunikasi, Informasi, dan Edukasi yang Efektif, komplain kepada RS mayoritas adalah komplain yang terkait dengan Komunikasi, Informasi, dan Edukasi yang efektif, jadi komplain terhadap teknik pelayanan itu minimalis dan yang paling banyak adalah terhadap hal komunikasi yang tidak memadai, informasi dan edukasi yang tidak memadai. Dengan adanya pelatihan ini beliau berharap semua peserta pelatihan dapat mengikuti pelatihan ini dengan baik dan semua peserta pelatihan mendapatkan bekal yang cukup untuk memberikan pelayanan dan dapat menularkan apa yang didapat dalam pelatihan ini kepada teman-teman yang lain serta harapan kedepannya adalah komplain terkait komunikasi, informasi dan edukasi bisa berkurang.

Dan harapannya pelatihan ini dapat bermanfaat bagi seluruh peserta dan bisa diterapkan dalam memberikan asuhan kepada pasien dan keluarga di RSUD Muntilan Kabupaten Magelang.

Dokumentasi Foto :

 

 

 

 


























 

GALERI FOTO

Agenda

Munas 1x ARSADA dan Seminar Nasional
Jumat, 25 Agustus 2023