A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined offset: 1

Filename: models/Counter_model.php

Line Number: 146

Backtrace:

File: /home/rsud/public_html/application/models/Counter_model.php
Line: 146
Function: _error_handler

File: /home/rsud/public_html/application/models/Counter_model.php
Line: 51
Function: _userAgent

File: /home/rsud/public_html/application/models/Counter_model.php
Line: 14
Function: browser_user

File: /home/rsud/public_html/application/controllers/Home.php
Line: 19
Function: simpanPengunjung

File: /home/rsud/public_html/index.php
Line: 317
Function: require_once

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined offset: 1

Filename: models/Counter_model.php

Line Number: 146

Backtrace:

File: /home/rsud/public_html/application/models/Counter_model.php
Line: 146
Function: _error_handler

File: /home/rsud/public_html/application/models/Counter_model.php
Line: 168
Function: _userAgent

File: /home/rsud/public_html/application/models/Counter_model.php
Line: 15
Function: os_user

File: /home/rsud/public_html/application/controllers/Home.php
Line: 19
Function: simpanPengunjung

File: /home/rsud/public_html/index.php
Line: 317
Function: require_once

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/rsud/public_html/system/core/Exceptions.php:271)

Filename: models/Counter_model.php

Line Number: 23

Backtrace:

File: /home/rsud/public_html/application/models/Counter_model.php
Line: 23
Function: setcookie

File: /home/rsud/public_html/application/controllers/Home.php
Line: 19
Function: simpanPengunjung

File: /home/rsud/public_html/index.php
Line: 317
Function: require_once

Kabupaten Magelang

Kinerja Pelayanan

RSUD Muntilan Indikator Pelayanan Rawat Inap

A. INDIKATOR PELAYANAN RAWAT INAP TAHUN 2016



B. PENINGKATAN MUTU DAN KESELAMATAN PASIEN (PMKP) RSUD MUNTILAN KABUPATEN MAGELANG TAHUN 2016

PENDAHULUAN

RSUD Muntilan Kabupaten Magelang sebagai salah satu penyedia pelayanan kesehatan harus mampu untuk menjaga dan meningkatkan mutu pelayanan rumah sakit dengan mengembangkan sistem pelayanan yang bermutu serta menjamin keselamatan pasien. Selain berfungsi sebagai pemberi pelayanan. 

Peningkatan mutu merupakan suatu pendekatan pendidikan, edukasi berkelanjutan dan perbaikan proses – proses pemberian pelayanan kesehatan sesuai kebutuhan pasar dan pihak – pihak yang berkepentingan lainnya. Dimensi Mutu atau aspeknya adalah keprofesian, Efisiensi, Keamanan pasien, Kepuasan pasien, dan aspek sosial budaya.


LATAR BELAKANG

Pengukuran mutu di RSUD Muntilan Kabupaten Magelang sudah diawali dengan penilaian akreditasi Rumah Sakit  yang mengukur dan memecahkan masalah pada tingkat struktur dan proses. Pada kegiatan ini RSUD Muntilan Kabupaten Magelang harus melakukan berbagai standar dan prosedur yang telah ditetapkan. RSUD Muntilan Kabupaten Magelang dipacu untuk dapat menilai diri (self assesment) dan memberikan pelayanan sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan. Sebagai kelanjutan untuk mengukur hasil kerjanya perlu ada alat ukur yang lain yaitu instrumen mutu pelayanan RSUD Muntilan Kabupaten Magelang yang menilai dan memecahkan masalah pada hasil (Outcome). Tanpa mengukur hasil kinerja RSUD Muntilan Kabupaten Magelang tidak dapat mengetahui apakah struktur dan proses yang baik telah menghasilkan outcome yang baik pula.

Untuk mempercepat tercapainya peningkatan mutu Rumah Sakit dan terjaminnya Keselamatan Pasien maka diperlukan adanya Program Kerja Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien Prioritas. Program Kerja Prioritas tersebut meliputi Indikator Area Klinis, Indikator Area Manajerial, Indikator Area Sasaran Keselamatan Pasien, dan Indikator International Library.  Pemilihan indikator disesuaikan dengan visi dan misi RSUD Muntilan Kabupaten Magelang dan sesuai dengan masing – masing area serta memenuhi persyaratan high cost, high risk, high volume dan Problem Prone serta sesuai kemampuan RSUD Muntilan Kabupaten Magelang.

Tujuan PMKP


Tujuan Umum

Terlaksananya Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien dan mengurangi risiko terhadap pasien dan staf dalam proses klinis maupun lingkungan fisik dalam melaksanakan program peningkatan mutu dan keselamatan pasien di tiap unit pelayanan

Tujuan Khusus :

1. Meningkatkan mutu pelayanan dan keselamatan pasien dan staf
2. Meningkatkan kemampuan pemberi asuhan pelayanan, manajemen dan staf
3. Meningkatkan pelaksanaan pengelolaan risiko
4. Meningkatkan kepuasan pelanggan

Proses Peningkatan Mutu


Pelaksanaan Kegiatan Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien

Kegiatan Pokok:
1.Kepemimpinan dan Perencanaan
2.Pelatihan Staf dalam program PMKP
3.Rancangan proses klinis dan manajemen
4.Pemilihan indikator dan pengumpulan data
5.Validasi dan analisa dari indikator Area Klinis/ Manajemen/SKP
6.Pelaporan kejadian Sentinel dari Komite  KPRS
7.Pelaporan kejadian KTD dari Komite KPRS
8.Pelaporan kejadian KNC
9.Proses peningkatan mutu dan keselamatan pasien
10.Program manajemen risiko
11.Koordinasi dengan pokja terkait


Kegiatan Program PMKP

1.Standarisasi asuhan klinis (PPK&CP)
2.Pengukuran mutu (Indikator mutu kunci) area klinis, manajemen, SKP, ILM
3.Monitoring PMKP di Instalasi
4.Koordinasi dengan manajemen dalam hal penilaian kinerja
5.Koordinasi dengan PPI
6.Diklat PMKP
7.Pemantauan kontrak kerja
8.Identifikasi dan pengelolaan kejadian sentinel dan KNC
9.Analisis trend dan variasi KTD
10. Manajemen risiko

Pemilihan indikator yang terkait dengan area klinis meliputi :

1. asesmen pasien;
2. pelayanan laboratorium
3. pelayanan radiologi dan diagnostic imaging;
4. prosedur bedah;
5. penggunaan antibiotika dan obat lainnya;
6. kesalahan medikasi (medication error) dan Kejadian Nyaris Cedera (KNC);
7. penggunaan anestesi dan sedasi;
8. penggunaan darah dan produk darah;
9. ketersediaan, isi dan penggunaan rekam medis pasien;
10. pencegahan dan pengendalian infeksi, surveilans dan pelaporan;

Indikator yg dipilih terkait dengan upaya manajemen meliputi :

a. IAM 1 : pengadaan rutin peralatan kesehatan dan obat penting untuk memenuhi kebutuhan pasien;
b. IAM 2 : pelaporan aktivitas yang diwajibkan oleh peraturan perundang-undangan;
c. IAM 3 : manajemen risiko;
d. IAM 4 : manajemen penggunaan sumber daya;
e. IAM 5 : harapan dan kepuasan pasien dan keluarga;
f.  IAM 6 : harapan dan kepuasan staf;
g. IAM 7 : demografi pasien dan diagnosis klinis;
h. IAM 8 : manajemen keuangan;
i.  IAM 9 : pencegahan dan pengendalian dari kejadian yang dapat menimbulkan masalah bagi keselamatan pasien, keluarga pasien dan staf.

Pengukuran Kepatuhan Enam Sasaran Keselamatan Pasien

Sasaran I    : Ketepatan identifikasi pasien
Sasaran II   : Peningkatan komunikasi yang efektif
Sasaran III  : Peningkatan keamanan obat yang perlu diwaspadai (high-alert)
Sasaran lV : Kepastian tepat-lokasi, tepat-prosedur, tepat-pasien operasi
Sasaran V : Pengurangan risiko infeksi terkait pelayanan kesehatan
Sasaran VI : Pengurangan risiko pasien jatuh

Pengukuran Indikator Area Klinis






















Pengukuran Indikator Area Manajemen




















Pengukuran Indikator Keselamatan Pasien



























DOKUMENTASI PMKP RSUD MUNTILAN TAHUN 2016 :